Eye Tracking : Ketika Mata Mengendalikan Komputer (1)

eye tracking

eye tracking

Perkembangan media pengoperasian komputer berkembang terus menerus. Dulu kita hanya mengenal keyboard dan mouse untuk mengendalikan komputer. Setelah cukup lama mulai hadir media layar sentuh (touch screen) bahkan dikendalikan secara langsung oleh gerakan anggota badan. Setelah touchscreen dan gesture recognition, kini Eye Tracking menjadi lompatan berikutnya dalam mengendalikan PC secara penuh.

Pengendalian computer secara langsung dan intuitif merupakan sukses baru dalam dunia IT. Setelah keyboard dan mouse yang memerlukan keaktifan pengguna, Apple memperkenalkan evolusi selanjutnya dengan interface Touchscreen pada Ipad. Sementara Microsoft Kinect memiliki orientasi yang berbeda dan memutus kontak fisik antara pengguna dan perangkat, yakni melalui Eye Tracking. Sistem ini akan mendeteksi arah mata, menentukan apa yang ingin anda lakukan dan meresponnya.

Komputer yang dikendalikan oleh mata akan men-scrolling layar saat pengguna membaca halaman website. Sistem ini juga menawarkan penjelasan kata atau penerjemahan kalimat begitu mata berhenti lama pada sebuah kata. Pada game 3D, pengguna dan karakter yang ada di dalam game dapat beradu pandang. Pengendaliannya melalui fungsi mata itu sendiri.

Mata manusia hanya melihat focus sekitar satu derajat dari pandangannya, misal saat membaca. Selain itu, mata paling tidak harus menatap sebuah spot selama 50 ms untuk dapat dikenali. Pendeteksian mata bekerja dengan teknik yang disebut Fixations.

Bersambung…

Sumber : Chip Magazine Edisi November 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: